Home » , , » 10 Kawah di Bumi yang Terbentuk Akibat Kejatuhan Benda Langit

10 Kawah di Bumi yang Terbentuk Akibat Kejatuhan Benda Langit

Posted by Nugroho Pangestu on Minggu, 09 Februari 2014


1. Kawah Chesapeake Bay
Diperkirakan, kawah Chesapeake Bay ini adalah hasil tumbukan asteroid dengan bumi yang terjadi sekitar 35 juta tahun lalu. Terletak di Virginia, Amerika Serikat, kawah Chesapeake Bay ditemukan pertama kali pada tahun 1980an. Kawan ini memiliki lebar sekitar 53 mil.


2. Kawah Popigai
Kawah Popigai diperkirakan terjadi karena jatuhnya asteroid dari angkasa sekitar 35,7 juta tahun lalu. Letak dari kawah Popigai ini ada di Siberia, Rusia. Peneliti dari Rusia mengklaim bahwa situs hasil jatuhnya asteroid ini mengandung miliaran berlian. Bahkan banyak pihak yang menyebut tempat ini adalah gudang berlian terbesar di dunia.


3. Kawah Barringer
Kawah Barringer ini awalnya disebut juga dengan nama kawah Canyon Diablo. Terletak di Arizona, Amerika Serikat, kawah satu ini diperkirakan tercipta karena hantaman meteor sekitar 50 juta tahun lalu. Sekarang ini, kawah Barringer menjadi salah satu tempat pariwisata di Amerika Serikat.


4. Kawah Chicxulub
Diperkirakan, kawah Chicxulub 'tercetak' di permukaan bumi sekitar 65 juta tahun lalu karena tumbukan asteroid. Lokasi dari kawah satu ini berada di Yucatan, Meksiko. Banyak peneliti yang memprediksikan bahwa hasil dari tumbukan inilah yang menyebabkan banyak dinosaurus punah. Dikarenakan sekarang ini bentuk dari kawah itu sudah tertutup tanah dan air, maka diperkirakan luas dari kawah Chicxulub sekitar 186 mil.


5. Kawah Kara
Tetap karena tumbukan asteroid, kawah Kara diperkirakan terbentuk sekitar 70,3 juta tahun lalu. Kawah yang terletak di Nenetsia, Rusia ini sekarang ini sebagian besar sudah tertutup tanah dan air dan tidak terlihat bentuknya secara utuh. Diperkirakan luas dari kawah Kara ini sekitar 120 km dan menjadi kawah terbesar keempat terbesar di dunia.

6. Kawah Morokweng
Menurut perkiraan para ahli, kawah Morokweng ini terbentuk sekitar 145 juta tahun lalu. Terbentuknya kawah ini juga disebabkan oleh tumbukan asteroid. Berlokasi di dekat gurun Kalahari, di North West, Afrika Selatan, kawah ini penuh berisi dengan fosil-fosil. Kawah satu ini memiliki kedalaman sekitar 770 meter.


7. Kawah Woodleigh
Kawah yang terletak di Australia bagian barat ini diperkirakan terbentuk sekitar 364 juta tahun lalu. Sayangnya, masih ada keraguan dari para pakar untuk menyebutkan apa yang menumbuk daerah tersebut, apakah asteroid atau komet. Kawah Woodleigh yang memiliki diameter sekitar 120 km ini diperkirakan terbentuk sekitar akhir era Triassic. Sekitar 40 persen dari spesies di bumi musnah karena tumbukan ini.


8. Kawah Acraman
Kawah Acraman ini juga terbentuk akibat tumbukan asteroid sekitar 580 juta tahun lalu. Kawah ini menjadi cerukan besar di bumi dan sekarang digenangi oleh air dan sekarang menjadi sebuah danau. Diperkirakan, luas dari kawah Acraman ini sekitar 56 mil atau sekitar 90 kilometer.


9. Kawah Sudbury Basin
Terletak di Ontario, Kanada, kawah Sudbury Basin ini diperkirakan terbentuk sekitar 1,8 miliar tahun lalu akibat tertumbuk asteroid. Bahkan diperkirakan kawah Sudbury Basin adalah salah satu kawah akibat tumbukan benda luar angkasa terbesar di bumi ini. Luas dari kawah satu ini sekitar 81 mil atau sekitar 130 kilometer.



10. Kawah Vredefort
Mungkin sampai sekarang rekor luas dari kawah hasil dari tumbukan asteroid ini belum terpecahkan. Kawah Vredefort diperkirakan tercipta sekitar 2 miliar tahun lalu. Diperkirakan juga, luas dari kawah Vredefort ini sekitar 118 mil atau sekitar 190 kilometer. Letak dari kawah satu ini di Free State, Afrike Selatan.


Sumber

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

Nugroho Pangestu . Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2013-2017 Nugroho Pangestu. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website | CB Blogger | Nugroho Pangestu