Home » » 6 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Untuk Kesehatan

6 Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Untuk Kesehatan

Posted by Nugroho Pangestu on Senin, 23 Desember 2013



Rumput laut? Pasti sudah banyak orang yang mengenal rumput laut... Rumput laut , selain enak di makan, ternyata punya banyak manfaat juga lho.. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh. Penasaran kan apa aja manfaat nya? Yuk simak postingan saya dibawah ini yang saya kutip sedikit dari magforwomen.com :

1. Banyak vitamin yang terkandung didalamnya.
Rumput laut ternyata mengandung vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu. Jadi, rumput laut kaya akan vitamin dan kalsium.

2. Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya.
Kandungan yodium yang ada di dalam tiroid dapat menjaga kesehatan tiroid Anda dan fungsi fisiologis tubuh lainnya. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.
Tahu tiroid kan? Bagi yang belum tahu, silahkan baca di google. :D

3. Kaya akan serat.
Rumput laut kaya akan serat larut yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu serat yang ada di dalam rumput laut mampu meningkatkan bakteri baik di dalam perut sehingga pencernaan Anda tetap sehat.

4. Tidak akan membuat tubuh anda makin gemuk.
Ternyata, rumput laut sama sekali tidak memiliki kandungan lemak atau kalori. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh. Jadi, kalau banyak makan rumput laut, tidak akan membuat tubuh kamu bertambah gendut.

5. Mencegah kanker.
Mencegah kanker? Apa benar? Ya benar, Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

6. Mampu mendetoks tubuh.
Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.

Jadi, bagaimana menurut anda? Bermanfaat sekali bukan? Tetapi ternyata tidak mudah loh untuk mendapatkan rumput laut, karena rumput laut berada di dasar laut, dan pembudidayaan nya juga tidak mudah, jadi bersyukurlah kalian walaupun hanya makan sedikit rumput laut yang penting kalian bisa mendapatkan banyak manfaat...

Sampai jumpa di postingan selanjutnya... :D

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

Nugroho Pangestu . Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2013-2017 Nugroho Pangestu. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website | CB Blogger | Nugroho Pangestu