Home » » Kenapa Bulan Selalu Mengikuti Kita?

Kenapa Bulan Selalu Mengikuti Kita?

Posted by Nugroho Pangestu on Jumat, 27 Desember 2013


 

Waktu kecil aku berpikir-pikir kenapa si bulan itu selalu ada saat aku liat ke langit., aku pergi jauh ke kota sebelah pun dia tetep ada mengawasiku. Ada yang pernah berpikir gitu juga?
Bulan tidak diam, dia berputar mengelilingi bumi, dan juga berputar mengelilingi matahari. Diameter bulang kira2 3.467 Km dan bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan rata2 1.022 Km/jam woow . Tapi dengan kecepatan itu kenapa nampak diam dan seperti selalu mengikuti kita?

Yaah itu semua terjadi akibat perbedaan sudut pandang dari mata kita terhadap obyek yang diamati. Dalam proses melihat objek bergerak, yang perlu kita perhatikan adalah besar perubahan sudut pandang yang terjadi.

Objek yang begerak dekat dengan kita akan membuat kita menggerakkan kepala lebih ketimbang melihat objek yang jauh. Saat kita melihat objek yang jaraknya jauh dari kita (misal dalam hal ini adalah bulan), perubahan sudut pandang yang terjadi tidak sebesar saat objek tersebut dekat dengan kita (misal melihat motor melintas di depan kita), sehingga kita merasa objek tersebut bergerak lambat (bulan).

Apalagi ditambah dengan jarak bulan yang sangat jauh, mengakibatkan perubahan sudut pandang sangat kecil, sehingga bulan akan nampak diam dan seperti mengikuti kemana kita pergi.

Hal ini juga yang terjadi saat kita melihat pesawat terbang yang nampak terbang lambat di langit. Tapi jaraknya tidak sejauh jarak ke bulan, makanya pesawat hanya terlihat bergerak lambat.


Sumber : tanyakenapa.staff.ub.ac.id

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

Nugroho Pangestu . Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2013-2017 Nugroho Pangestu. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website | CB Blogger | Nugroho Pangestu