Home » , » Mimpi Pipis dan Tiba-tiba Ngompol Saat Tidur, Apa Penyebabnya?

Mimpi Pipis dan Tiba-tiba Ngompol Saat Tidur, Apa Penyebabnya?

Posted by Nugroho Pangestu on Sabtu, 03 Mei 2014

Umumnya yang mengompol saat tidur adalah bayi atau anak-anak yang belum dilatih untuk buang air kecil di toilet. Tapi pada kasus tertentu, ada juga orang dewasa yang tiba-tiba mengompol karena dipicu mimpi pipis saat tidur. Mengapa bisa begitu?

"Itu karena memang dia mimpi kencing, lalu jadi ngompol," kata dr Andreas Prasadja, RPSGT, praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (2/5/2014).

Mengompol saat tidur bisa menandakan Anda terlalu banyak minum sebelum tidur. Di satu sisi, tubuh mengisyaratkan apa yang orang butuhkan. Secara psikologi buang air kecil dalam mimpi disebabkan karena kandung kemih penuh. Itulah mengalami alam bahwa sadar 'memerintahkan' untuk segera mengosongkannya dengan cara mengompol saat tidur.

Secara medis, mengompol yang dimulai pada usia dewasa (enuresis sekunder) jarang terjadi dan memerlukan evaluasi medis. Mengompol pada orang dewasa bisa disebabkan karena penyakit-penyakit tertentu, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:

1. Kanker kandung kemih
2. Diabetes
3. Gangguan neurologis
4. Obstructive sleep apnea
5. Kanker prostat
6. Pembesaran prostat
7. Infeksi saluran kemih
8. Batu saluran kemih

Dalam kasus yang jarang, kecemasan akut atau gangguan emosional lainnya juga dapat menjadi penyebab orang dewasa mengompol. Tes dan prosedur yang digunakan untuk menentukan penyebab dewasa mengompol meliputi:

1. Pemeriksaan fisik
2. Tes urine
3. Pemeriksaan urologi dan tes
4. Evaluasi neurologis

SHARE :
CB Blogger

Poskan Komentar

Nugroho Pangestu . Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2013-2017 Nugroho Pangestu. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website | CB Blogger | Nugroho Pangestu