Home » , , , , » Ternyata Manusia Bisa Menghasilkan Cahaya

Ternyata Manusia Bisa Menghasilkan Cahaya

Posted by Nugroho Pangestu on Senin, 25 Januari 2016

Ternyata Tubuh Manusia Menghasilkan Cahaya. WOW!

Para ilmuwan di Jepang telah melakukan riset bahwa manusia menampilkan cahaya dalam kuantitas kecil pada tingkatan yang bisa naik dan turun perharinya.

Sebelumnya, sudah pernah ada penelitian yabg menyimpulkan bahwa tubuh manusia memancarkan cahaya yang terlihat 1.000x lebih redup dari tingkatan yang bisa terlihat oleh mata telanjang yang sangat sensitif. Faktanya, secara virtual, seluruh makhluk hidup dapat memancarkan cahaya yang sangat lemah yang diduga dihasilkan oleh reaksi bioproduk dari biokimia yang menyertakan radikal bebas didalamnya.

Untuk menganalisa lebih jauh mengenai hal ini, Masaki Kobayashi dan timnya yang berasal dari Tohoku Institute of Technology di Sendai Jepang, mengadakan penelitian lanjutan.

Dalam penelitian ini, mereka memanfaatkan kamera sensitif yang mampu mendeteksi setiap satuan energi cahaya. Sebanyak lima orang pria sehat berusia 20 tahun yang bertelanjang dada, ditempatkan didepan kamera dalam sebuah ruangan yang sangat gelap.

"Mereka ditempatkan dalam ruangan gelap gulita dan menghadap kamera selama 20 menit, setiap tiga jam sekali. Uji coba ini diterapkan selama tiga hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam," kata Kobayashi.

Hasil uji coba menunjukkan, tubuh kelima pria tersebut nampak bersinar dan meredup secara bergantian sepanjang hari. Titik minimum cahaya terjadi pada pukul 10 pagi, sementara titik maksimum pancaran cahaya terjadi pukul 4 sore.

Artinya, pukul 10 pagi merupakan titik redup paling rendah yang dipancarkan tubuh. Sebaliknya, sinar paling benderang yang dihasilkan tubuh terjadi pada pukul 4 sore hari. Cahaya ini kemudian secara bertahap akan meredup perlahan. Para ilmuwan memperkirakan, hal ini disebabkan oleh emisi cahaya yang berhubungan dengan jam tubuh kita, yang kemungkinan besar terkait dengan bagaimana fluktuasi irama metabolisme yang ditampilkan tubuh sepanjang hari.





Sumber: Dikutip dari buku "Tahukah Anda?" Karya Panji Nugroho, halaman 26-28.

SHARE :
CB Blogger

4 komentar

Muhammad Naufal 28/1/16 13:52

udah di uji coba juga ya gan ..makasih infonya

Nugroho Pangestu 28/1/16 14:22

Iya udah diteliti ilmuwan. Sama2 gan, terima kasih sudah berkunjung :D

julia novella 28/1/16 14:42

sangat mengesankan sekali walaupun tidak bisa dilihat mata telanjang

Nugroho Pangestu 28/1/16 14:52

Iya harus pakai alat bantu untuk melihatnya

Posting Komentar

Nugroho Pangestu . Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © 2013-2017 Nugroho Pangestu. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website | CB Blogger | Nugroho Pangestu